Kamis, 19 Sep 2024
Kota Metro

Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin menyerahkan 140 Kartu Metro Ceria (KMC) kepada guru mengaji se-Metro Barat

Metro, Lampung -GribjayaLampung. Com- Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin menyerahkan 140 Kartu Metro Ceria (KMC) kepada guru mengaji se-Metro Barat. Acara berlangsung di aula Kelurahan Ganjar Agung, Rabu (18/09/2024).

 

“Untuk di Metro Barat Alhamdulillah 140 guru ngaji se-Metro Barat, dan untuk seluruh Metro kurang lebih 736 penerima manfaat,” ujar Wahdi.

 

Kartu Metro Ceria menurutnya Wahdi, adalah suatu kartu yang sangat banyak manfaat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Metro untuk masyarakat penerima manfaat.

 

“Kartu Metro Ceria sesuai dengan program agar akses kebutuhan masyarakat dipenuhi, misalnya berobat, insentif guru ngaji, beasiswa, dan sebagainya, karena sekarang kita sudah bicara transaksi elektronikfikasi, jadi semua transaksi harus terbuka transparan, supaya keuangan negara efisien dan efektif. Ini sesuai dengan anjuran bapak Presiden, Inpres Nomor 2 Tahun 2021 dan tentang perlindungan sosial,” beber Wahdi.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Metro, Subehi mengatakan bahwa Pemerintah Kota Metro mempunyai Program Kartu Metro Ceria (KMC) yang tertuang dalam amanah Perda Kota Metro Nomor 7 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Metro tahun 2021-2026.

 

Program tersebut, merupakan salah satu dari program prioritas Wali Kota Metro yang telah tertuang dalam RPJMD dan harus dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi Kota Metro.

 

“Jadi Kartu Metro Cerita ini salah satu program prioritas, yaitu sebuah kartu yang banyak manfaat. KMC ini akan menghimpun berbagai bantuan masyarakat dari pemerintah setempat yang akan di input dalam kartu tersebut. Apa bila seseorang menerima bantuan apa saja akan terlihat saat barcode, orang tersebut penerima manfaat apa saja. Kartu ini juga berfungsi sebagai ATM, untuk menabung, penarikan Mbanking,” beber Subehi.

 

Menurut Subehi program-program bantuan yang diberikan oleh pemerintah cukup banyak sehingga dengan KMC tersebut data-data dapat terintegrasi misal dinas-dinas mana yang memberikan bantuan bisa dilihat.

 

“KMC adalah mengintegrasikan berbagai bantuan program pemerintah setempat dalam satu kartu,” tambahnya.

 

“Semua bantuan khusus dari APBD Kota Metro, dipermudah dengan Kartu Metro Cerita, demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Red)



Baca Juga